Kamis, 14 Desember 2017

"Minapadi" Penggabungan antara budidaya padi dengan ikan yang menguntungkan

Mina padi (dari mina = "ikan" dan padi) adalah suatu bentuk usaha tani gabungan (combined farming) yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya ikan air tawar. Mina padi dengan demikian meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus.
Mina padi termasuk dalam sistem pertaman campuran, dipandang dari kacamata agronomi.



Menurut Aswar (2012), terdapat 2(tiga) jenis budidaya ikan di sawah yaitu budidaya ikan sebagai penyelang tanaman padi dan budidaya secara tumpangsari atau budidaya ikan bersama padi.

a.        Budidaya Ikan Sebagai Penyelang Tanaman Padi


Pemeliharaan ikan sebagai penyelang dilakukan setelah tanah sawah dikerjakan sambil menunggu penanaman padi. Lamanya pemeliharaan biasanya 20 – 30 hari, sampai pada saat benih padi siap untuk ditanam. Pada sistem ini biasanya hanya dilakukan untuk pendederan benih ikan. Tujuannya adalah setelah umur 20 – 30 hari, hasil dederan berubah menjdai anak ikan yang siap ditebarkan di kolam.
Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (2011), budidaya minapadi dengan penyelang dapat dilakukan sebagai berikut:
1.        Persiapan lahan
-          Membabat jerami sampai pangkalnya dan dibenamkan
-          Perbaikan pematang untuk mencegah kebocoran air.
-          Saluran pemasukan dan pengeluaran terletak pada sisi yang berseberangan dilengkapi dengan saringan yang terbuat dari kawat, bambu atau saringan.
-          Pengolahan dan pembalikan tanah menggunkan luku atau retovator (traktor).
-          Pembuatan careng keliling dengan lebar 40 – 100 cm dan careng penampunga (kobakan panen) dengan ukuran 1 x 2 m dan kedalaman 50 – 75 cm.
2.        Pemupukan
-          Pemupukan dengan SP-36 dan urea tahap I sebanyak 6 – 7 gram/m2 dilakukan setelah persiapan lahan atau 4 – 5 hari sebelum penebaran benih.
-          Pupuk organik diberiakn setelah petakan digenangi air setinggi 15 cm dengan frekuensi 1 - 2 pekan sekali sebanyak 30 – 100 gram/m2.
3.        Pemeliharaan
-          Benih ikan yang ditebar sebanyak 30.000 ekor/ha/MT berukuran 1 – 3 cm
-          Pakan tambahan untuk ikan berupa dedak halus sebanyak 4 % dari bobot total ikan, dengan frekuensi 3 kali sehari.
-          Ketinggian air di dalam petakan selama masa pemeliharaan adalah 30 – 40 cm
-          Balikkan tumpukan jerami 3 (tiga) hari sekali untuk mempercepat proses pembusukan dan pertumbuhan pakan alami.
-          Suplai air terus – menerus dengan kecepatan 2 – 4 liter/detik untuk petakan seluas 500 m2.
4.        Pemanenan.
-          Panen dilakukan 2 – 3 hari sebelum tanam padi.
-          Pengeringan petakan secara total dan dipasang saringan pada pipa pengeluaran untuk mencegah lolosnya benih.
-          Setelah masa pemeliharaan selama 30 hari dihasilkan benih ikan berukuran 3 – 5 cm sebanyak 21.000 ekor setara dengan 105 kg/ha.

b.        Budidaya Ikan Bersama Padi


Budidaya ikan bersama padi merupakan pemeliharaan ikan di sawah yang dilakukan bersama dengan tanaman padi. Lama pemeliharaan adalah sejak benih padi ditanam sampai penyiangan I, penyiangan II atau sampai tanaman padi mulai berbunga, kira-kira umur tanaman padi 50 hari. Sistem budidaya minapasi ini sering disebut sebagai sistem tumpangsari.
Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (2011), budidaya minapadi dengan sistem tumpangsari dapat dilakukan sebagai berikut:

1.        Persiapan Lahan.
-          Sawah dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan penanaman padi dan pemeliharaan ikan
-          Tanah diolah atau dibajak samapai lumpur mencapai 15 – 30 cm, de3ngan perbandingan lumpur dan air, 1:1
-          Pembuatan parit/caren untk udang galah berukuran lebar 1 m dengan kedalaman 60 – 75 cm
-          Penanaman padi
2.        Pemupukan Padi
Pada pemupukan dasar, pupuk ditaburkan secara merata pada keadaan sawah masih melumpur. Urea dan SP-36 tidak dianjurkan untuk dicampurkan pada saat penaburan. Pada pemupukan susulan, air dalam petakan diusahakan dalam keadaan macak-macak sebelum penebaran (ikan berada pada kemalir auat diungsikan terlebih dahulu). Pupuk ditaburkan diantara barisn tanaman atau ditebar secara merata. Benamkan pupuk dengan landak sambil menyiang atau diinjak-injak khusus agar bisa terbenam pada kedalaman lebih dari 3 cm.
3.        Penebaran ikan
Padat penebaran dan ukuran benih ikan disesuaikan dengan tujuan penanaman penanman, penebaran, pertama benih berukuran 1 – 3 cm (fingerking) dengan padat penebaran 3 – 5 cm ekor/m2 dilakukan 3 – 5 cm setelah tanam padi. Jika benih ikan yang ditebar berukurang kurang dari 5 cm, gunakan panglojo (ikan pembimbing), yang ukurannya lebih besar (50 -75 gram) sebanyak 200-150 ekor/ha. Karena ikan ini dapat membolak balikan lumpur sehingga dapat membantu ikan-ikan kecil mencari makan. Ikan dapat diganti dengan dengan udang galah berukuran 5 – 8 gram/ekorsebanyak 2 ekor/m2.  Jadwal tanam ikan pada budidaya minapadi sesuai dengan ukuran ikan dan lama pemeliharaan.
4.        Pemeliharaan
-          Apabila pertumbuhan padi tidak normal (anakan kurang) turunkan permukaan air sampai 5 cm selama 2 – 4 hari guna memberi kesempatan padi untuk bertunas.
-          Ikan perlu diberi pakan tambahan berupa dedak dengan takaran 4 – 5 % dari berat badan ikan. Untuk pakan udang galah diberikan pekan berupa pellet (protein 30 %) sebnayak 1 % dari berat badan udang/hari  dengan frekuensi 3 kali sehari.
-          Selama masa pemeliharaan kedalaman air di pelataran 10 – 15 cm dan parit 30 – 40 cm.
-          Pemasukan dan pengeluaran air dilakukan berdasarkan grafitasi.
-          Lemanya pemeliharaan ikan tergantung pada ukuran benih dan besarnya iakn yang hendak dipanen. Lama pemeliharaan benih dari ukuran kebul sampai ukuran belo 15 – 20 hari, dari belo sampai ngaramo 20 – 30 hari, dan dari ngaramo menjadi ikan konsumsi 40 – 55 hari.
5.        Pemanenan ikan
-          Pemanenan ikan sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari pada saat suhu udara rendah.
-          Pengeringan petakan pada waktu panen harus dilakukan perlahan – lahan agar ikan dapat mencapai parit.
-          Keluarkan air pada bagian kemalir agar ikan berkumpul pada kemalir tersebut samai ketinggian air mencapai 3 – 5 cm.
-          Air yang terkumpul ditangkap dan ditampung dalam hapa yang ditempatkan pada air mengalir. Setelah petakan kering, air dapat dialiran kembali agar ikan yang masih tersisa dalam petakan dapat terselamatkan
-          Setelah masa pemeliharaan selama 90 hari dihasilkan udang ukuran konsumsi (25 – 35 g/ekor) sebanyak 15.000 – 16.000 ekor setara dengan 450 kg.

c.         Pengendalian Hama Padi dan Ikan

Untuk mengantisipasi serangan hama padi pada daerah-daerah endemik, dapat digunakan pestisida alami seperti saponim (terdapat dalam biji teh), retenone (terdapat dalam akar tumbuhan) dan nikotine (terdapat dalam daun tembakau) yang diberikan bersamaan dengan pemupukan dasar. Jenis pestisida seperti Boss 250 EC, Dyvon 95 SP dan Fish free juga dapat digunakan pada budidaya minapadi.
Penyemprotan dilakukan 1- 2 hari seblum penbaran baenih pada pagi atau sore hari dan air dallam petakan sawah setinggi 30 – 40 cm, penyemprotan ulang dilakuakan seminggu sekali selama masa pemeliharaan.
Hama ikan terdiri dari ulat, belut, ikan gabus, ikan biawak (sero), burumg kuntul, dan kuang-kuang. Untuk mengendalikan hama ulat digunakan bubu perang

*Keuntungan dan Kelemahan Minapadi

Menurut Efendi (2013), minapadi memiliki beberapa keuntungan yaitu sebagai berikut:
-          Meningkatkan pendapatan petani sawah yang mengalami kegagalan panen akibat serangan hama wereng yang meningkat akibat perubahan iklim. Karena dengan adanya ikan di sawah akan mengonsumsi hama wereng yang jatuh ke air akibat gerakan ikan.
-          Meningkatkan  produksi padi yaitu sekitar 10-20% dengan pola minapadi dan sekaligus peningkatan produksi ikan minimal 1 ton/ha permusim tanam.
-          Membantu percepatan perbaikan lingkungan karena dengan pola minapadi akan mengurangi gas metan yang dibuang dari sisa pemupukan.
-          Penghematan pengeluaran pemerintah untuk subsidi pupuk karena dengan minapadi bisa mengurangi penggunaan pupuk 20 – 30 %.
-          Peningkatan konsumsi ikan guna perbaikan gizi keluarga karena dari data konsumsi ikan terlihat pada provinsi utama penghasil beras jumlah konsumsi ikan perkapita yang terendah (18 – 23 Kg/kapita sedangkan rata-rata nasional 30 kg/kapita).
-          Pengembangan industri pedesaan selain adanya penggilingan padi juga diharapkan tumbuh industri pengelolaan ikan pedesaan.
-          Diperoleh dua macam produksi sekaligus, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.
-          Petani menjadi lebih rajin mengawasi sawahnya karena di tuntut setiap hari harus mengecek aliran air yang masuk ke sawahnya dan pengecekan saringan/filter yang ada agar ikan di sawah tidak gampang terlepas.
-          Kotoran ikan merupakan pupuk organik bagi tanaman padi.
-          Memperbaiki struktur tanah, karena ikan dalam mencari makan selalu membolak-balikan lumpur.
-          Ikan akan membantu memakan binatang-binatang kecil yang merupakan hama tanaman padi.
-          Mengurangi ketergantungan terhadap impor daging  karena ikan dapat kita produksi dengn harga yang lebih murah dibandingkan daging.
-          Ketahanan pangan yang selama ini disangga oleh beras akan dapat dikurangi dan sekaligus kelebihan beras yang dihasilkan akan dapat mengisi kebutuhan pangan dunia.
-          Meningkatkan potensi lahan sawah yang ada.
-          Meningkatkan keragaman hasil sawah selain bisa menghasilkan padi organik juga bisa menghasilkan ikan.
-          Meningkatkan pendapatan karena double usaha padi dan ikan.
-          Panen padi dengan kualitas yang bagus dan bisa organik karena bisa meminimalisir penggunaan obat-obatan kimia dan kotoran ikan bisa menjadi pupuk organik.
-          Panen ikan dengan menghemat biaya pakan karena ikan bisa memakan Azolla dan lumut yang ada disawah sebagai pakan tambahannya.
-          Meningkatkan produlsi ikan dengan luas kolam dan ketinggian airnya.
-          Membantu mengurangi serangan hama dan penya.
-          Bisa memelihara ikan sesuai umur padi diperoleh ikan siap konsumsi pada saat panen.

*Kelemahan Minapadi

Menurut Anwar (2012),  kelemahan dari sistem minapadi adalah pemberian pestisida yang berlebihan pada padi, juga dapat mempengaruhi kehidupn ikan dan mudahnya hama seperti ular, kodok, dan burung masuk kedalam sawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar